BERITA

Peringatan HARGANAS ke-26 Tingkat Provinsi Lampung

Senin, 05 Agustus 2019   Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir   20  

Pesisir Barat- Peringatan HARGANAS ke-26 Tingkat Provinsi Lampung di Lapangan Merdeka Kecamatan Pesisir Tengah, 31 Juli 2019.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Barat Tedi Zadmiko,SKM.,MM menginformasikan bahwa turut hadir dalam acara HARGANAS tersebut Kepala BKKBN pusat yang dalam hal ini diwakili oleh bapak Drs. Nerius Auparai selaku direktur bina kesertaan keluarga berencana jalur dan sasaran khusus BKKBN, Anggota FORKOPIMDA Provinsi Lampung, para Bupati / Walikota se-Provinsi Lampung yang sempat hadir, Wakil Bupati Pesisir Barat, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, OPD Provinsi Lampung,FORKOPIMDA Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Pesisir Barat, Plh. Sekretaris Daerah, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dilingkungan Kabupaten Pesisir Barat; Ketua TP. PKK Provinsi Lampung dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi, Ketua TP. PKK dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Pesisir Barat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan para Tokoh Adat 16 Sai Batin Marga di Kabupaten Pesisir Barat; para Camat dan Peratin se-Kabupaten Pesisir Barat, hadirin dan rekan-rekan wartawan media cetak dan media elektronik.

Dalam sambutan Bupati Kabupaten Pesisir Barat Dr. Drs. H. Agus Istiqlal, SH.,MH menyampaikan mengucapkan selamat datang di Negeri Para Sai Batin dan Para Ulama ini dalam rangka peringatan HARGANAS ke-26 tingkat Provinsi Lampung. Selanjutnya, Bupati ucapkan terima kasih kepada bapak Gubernur Lampung beserta jajaran, yang telah mempercayai Kabupaten Pesisir Barat untuk menjadi tuan rumah pada peringatan HARGANAS ke-26 Tingkat Provinsi Lampung tahun 2019 ini. Rasa haru dan bangga dari masyarakat Kabupaten Pesisir Barat kami sampaikan pada kesempatan ini karena merupakan suatu kehormatan yang besar bagi kami semua atas amanah dan kepercayaan yang diberikan kepada kami selaku tuan rumah peringatan harganas tingkat Provinsi Lampung.


Pada kesempatan yang sama Bupati Pesisir Barat mengajak kita semua yang hadir pada hari ini agar menjadikan momentum hari keluarga nasional (HARGANAS) tahun 2019 ini untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya membangun keluarga sejahtera lahir dan batin. Selain itu, saya berharap seluruh masyarakat indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Pesisir Barat agar memahami bagaimana menjaga bumi dan menekan terjadinya ledakan pertumbuhan penduduk.


Selanjutnya, Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga dan membangun Kabupaten Pesisir Barat, diawali dari keluarga yang selanjutnya membangun suatu masyarakat sejahtera lahir dan batin serta tetap memegang teguh prinsif 2 (dua) anak cukup.
Peringatan HARGANAS tahun 2019 ini dengan tema “jadikan setiap hari sebagai hari keluarga, artinya hari dimana kita berkumpul dan bercengkraman, saling berbagi kisah dalam keseharian kita baik kisah senang maupun sedih. Dengan demikian sa’at kita berkumpul bersama akan menjadi sa’at sa’at terindah yang kenangannya akan terus terbawa oleh anggota keluarga kita, hari keluarga harus menjadi milik kita semua maka dari itu saya mengajak kita semua bahwa mencintai keluarga berarti kita merencanakan keluarga yang bahagia, sejahtera dan berbudaya. Karena pada prinsipnya, keluarga menjadi tempat pertama yang berfungsi untuk melindungi, membimbing dan memberdayakan anggota keluarga baik secara sosial, ekonomi dan budaya. Keluarga sangat berperan penting dalam membangun budi pekerti, etika, norma dalam bermasyarakat serta dalam memperteguh pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


Maka dari itu, untuk dapat membangun keluarga dan kependudukan indonesia, dibutuhkan peran aktif dari seluruh pihak baik anggota keluarga, masyarakat dan pemerintah. Mari bergotong royong mengambil peran dan tanggung jawab, untuk mewujudkan keluarga indonesia, keluarga yang tenteram, sejahtera dan berbudaya.
Mengingat kembali tentang sejarah singkat Kabupaten Pesisir Barat yang dibentuk berdasarkan undang-undang nomor 22 tahun 2012. Pada awal pembentukannya Kabupaten Pesisir Barat memiliki 11 Kecamatan dan 98 Pekon serta 1 Kelurahan. Dalam perkembangannya sampai dengan sa’at ini Kabupaten Pesisir Barat telah memiliki 116 Pekon dan 2 Kelurahan dengan jumlah penduduk 159.544 (seratus lima puluh sembilan ribu lima ratus empat puluh empat) jiwa.
Kabupaten Pesisir Barat memiliki potensi yang sangat besar seperti potensi di bidang pertanian yang memiliki lahan produksi seluas 32.407 hektar dan seluas 2.863 hektar belum dimanfaatkan, potensi perikanan laut yang terbentang sepanjang 210 km dari Kecamatan Bangkunat sampai dengan Kecamatan Lemong, potensi pertambangan, peternakan dan pariwisata.


Dari berbagai potensi yang dimiliki Kabupaten Pesisir Barat tersebut yang menjadi unggulan kami yaitu potensi dibidang pariwisata, dimana destinasi wisata tersebut tersebar di 11 Kecamatan yang ada. Adapun obyek wisata dimaksud antara lain pantai Tanjung Setia yang telah 3 (tiga) kali dijadikan tempat dilaksanakannya kejuaraan Surfing Internasional Atau Krui Pro yang telah ditetapkan sebagai 100 Calender Of Event Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.


Selanjutnya, pemerintah Kabupaten Pesisir Barat juga telah berupaya dalam pengembangan sarana penunjang bagi para wisatawan nusantara dan mancanegara yaitu salah satunya dengan mengoptimalkan fungsi bandara muhammad Taufiq Kiemas, Kemudian pada saat ini pemerintah Kabupaten Pesisir Barat sedang melakukan pembahasan dengan beberapa maskapai penerbangan untuk memperluas slot penerbangan menuju kota kota lainya.


Dengan adanya penerbangan tersebut, diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara yang akan berkunjung ke Kabupaten Pesisir Barat ini. Untuk itu pada kesempatan ini kami menyampaikan harapan kami kepada pemerintah Provinsi Lampung, anggota Forkopimda Provinsi Lampung serta rekan - rekan saya para Bupati dan Walikota untuk membantu kami dalam rangka mempromosikan pariwisata yang ada di Kabupaten Pesisir Barat.
Bupati berharap kepada bapak / ibu hadirin yang berasal dari Kabupaten / Kota lainnya agar dapat menikmati indahnya pesona Pesisir Barat serta jangan sungkan-sungkan untuk berbelanja souvenir dan kuliner khas Pesisir Barat.

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Pembangunan Pendidikan jadi Prioritas di Pesisir Barat

    Pembangunan Pendidikan jadi Prioritas di Pesisir Barat

  • Berita Populer